cover
Contact Name
Kadek Wirahyuni
Contact Email
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Phone
+6282236067235
Journal Mail Official
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jalan Udayana No.11 Singaraja
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
ISSN : http://u     EISSN : http://u     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language and Art Education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Indonesia Language and Art Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 5 (2013)" : 15 Documents clear
Penerapan Metode Menganalisis Kesalahan untuk Meningkatkan Kualitas Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IA.2 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dalam Pembelajaran Menulis DEWI SARIANI
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.517

Abstract

Penerapan Metode Menganalisis Kesalahan untuk Meningkatkan Kualitas Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IA.2 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dalam Pembelajaran Menulis   oleh Ni Komang Dewi Sariani, NIM 0912011062 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dapat tidaknya metode menganalisis kesalahan meningkatkan kualitas bahasa Indonesia siswa kelas XI IA.2 SMA Laboratorium Undiksha dalam pembelajaran menulis; (2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode menganalisis kesalahan untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia siswa kelas XI IA.2 SMA Laboratorium Undiksha dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IA.2 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Sementara itu, objek dalam penelitian ini terbagi menjadi (1) objek yang mencerminkan proses, yakni langkah-langkah menganalisis kesalahan dalam pembelajaran menulis; (2) objek yang mencerminkan hasil, yakni peningkatan kualitas bahasa Indonesia siswa dan respons siswa terhadap penerapan metode menganalisis kesalahan dalam pembelajaran menulis. Data dikumpulkan dengan metode tes, angket/kuesioner, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh lalu dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode menganalisis kesalahan dapat meningkatkan kualitas bahasa Indonesia siswa dalam pembelajaran menulis; (2) penerapan metode menganalisis kesalahan dalam pembelajaran menulis dilakukan dengan beberapa langkah sesuai dengan rencana pembelajaran yang dirancang. Peningkatan kualitas tersebut terlihat pada hasil pengeskoran pada tulisan siswa. Pada siklus I, ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 73%, sedangkan pada siklus II, mengalami peningkatan menjadi 86,5%. Skor rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 83,3 pada siklus I menjadi 84,7 pada siklus II. Dari segi respons, pada siklus I, sebanyak 75,6% siswa memberikan respons positif. Sementara itu, pada siklus II, sebanyak 86,5% siswa memberikan respons positif. Dari peningkatan tersebut, ketuntasan klasikal dan respons siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan.     Kata kunci: metode menganalisis kesalahan, kualitas bahasa Indonesia, menulis
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA (PIDATO) MELALUI MEDIA PEMODELAN BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XII MULTIMEDIA SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA Rina Wijayanti
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.518

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA (PIDATO) MELALUI MEDIA PEMODELAN BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XII MULTIMEDIA SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA   oleh   Ni Made Rina Wijayanti Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni   ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai (1) implementasi  penerapan media pemodelan berdasarkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran berbicara, (2) prestasi belajar dalam pembelajaran berbicara setelah diterapkan media pemodelan berdasarkan pendekatan kontekstual, (3) responss siswa terhadap penerapan media pemodelan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Metode observasi dilaksanakan dengan tujuan mengetahui secara nyata implementasi penerapan media pemodelan dalam pembelajaran berbicara, data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai prestasi keterampilan berbicara siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Metode kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang responss siswa terhadap penerapan media pemodelan berdasarkan pendekatan kontekstual kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Implementasi penerapan  media pemodelan berdasarkan pendekatan kontekstual sangatlah efektif, karena dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran berbicara. Peningkatan prestasi tersebut dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata yaitu pada siklus I sebesar 71,5 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 78,5. >75% siswa memperoleh nilai ≥75 dan siswa memiliki respons yang sangat positif terhadap penerapan media pemodelan berdasarkan pendekatan kontekstual. Peningkatan respons tersebut dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 20,3 dalam kategori positif dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 23,95 dalam kategori sangat positif. Dalam pembelajaran berbicara seorang guru hendaknya kreatif menentukan media dalam pembelajaran keterampilan berbicara agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran.     Kata kunci : media pemodelan, keterampilan berbicara, hasil belajar.    
PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IA-3 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA: DITINJAU DARI SEGI STRATEGI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGAJAR made ayuandari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.519

Abstract

PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI IA-3 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA: DITINJAU DARI SEGI STRATEGI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGAJAR oleh Made Ayuandari, NIM 0912011067 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia     ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif yang  bertujuan (1) mendeskripsikan startegi guru dalam pembelajaran menulis naskah drama, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis kreatif naskah drama, dan (3)  mendeskripsikan hasil belajar-mengajar dalam pembelajaran menulis naskah drama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA-3 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 orang siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas tersebut. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan melalui kedua metode tersebut dianalisis secara kualitatif.Hasil penelitian ini adalah (1) beberapa strategi  pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis naskah drama, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama yang tergolong aktif, dan (3) hasil belajara-mengajar dalam pembelajaran menulis naskah drama yang dapat digolongkan kategori baik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini , yaitu (1) guru agar memilih strategi pembelajaran secara tepat sesuai dengan kondisi siswa, sehingga dapat menarik perhatian siswa dan menyenangkan bagi siswa; (2) siswa tidak perlu ragu dan takut bertanya di kelas, karena tidak akan ada seorang guru yang menyalahkan siswanya ketika bertanya. Oleh karena itu sikap percaya diri serta optimisme perlu dipupuk sebagai siswa yang baik, agar berani bertanya dan tampil di kelas ketika ditunjuk oleh guru, dan (3) bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis naskah drama dilihat dari: strategi, aktivitas dan hasil belajar-mengajar di jenjang sekolah lainya seperti SMP, karena penelitian ini dilakukan di jenjang pendidikan SMA.   Kata kunci: menulis, naskah drama, strategi pembelajaran
ANALISIS ESAI MAHASISWA PESERTA GELORA ESAI DITINJAU DARI SEGI SUBSTANSI DAN BENTUK ESAI Putri Puspita sari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.575

Abstract

ANALISIS ESAI MAHASISWA PESERTA GELORA ESAI DITINJAU DARI SEGI SUBSTANSI DAN BENTUK ESAI oleh I Gusti Ayu Putri Puspita Sari, 0912011004 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni ABSTRAK Penelitian deskriptif ini bertujuan (1) mendeskripsikan kerelevanan topik dengan isi dalam esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai (2) mendeskripsikan pengorganisasian esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai (3) mendeskripsikan kekoherenan dan kekohesifan kalimat yang terdapat dalam esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai (4) mendeskripsikan keparalelan kalimat yang terdapat dalam esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai dan (5) mendeskripsikan ketepatan pemilihan kata yang terdapat dalam esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai. Subjek dalam penelitian ini adalah esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai sebanyak 41 karya. Objek penelitian ini adalah analisis esai ditinjau dari substansi dan bentuk esai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) relevansi antara topik dan isi esai karya mahasiswa tergolong baik karena hanya terdapat enam kesalahan dari 41 esai sehingga diperoleh persentase sebesar 14,63%, (2) pengorganisasian esai karya mahasiswa peserta Gelora Esai tergolong baik, karena kesalahan yang ada hanya sebanyak 7,31%, (3) koherensi dalam esai cukup tinggi tetapi penggunaan piranti kohesi berupa konjungsi mengalami kesalahan sebanyak 40%, (4) kesalahan penggunaan kalimat paralel dalam esai ditemukan hanya satu dari 13 kalimat paralel, sehingga persentase kesalahan sebesar 0,07 %, dan (5) terdapat 98 penggunaan kata nonbaku dari 36320 kata, sehingga diperoleh persentase kesalahan pemilihan kata sebesar 0,0026%. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk meneliti esai-esai lainnya ditinjau dari segi substansi dan bentuk esai   Kata kunci: esai, analisis dari segi substansi dan bentuk esai
PENERAPAN MEDIA ‘PUPUH GINADA (SEKAR ALIT)’ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN YANG BERORIENTASI NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 TEJAKULA Kadek Ferri Kurniawan
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.576

Abstract

ABSTRACT This research is a qualitative and quantitative descriptive research that aims to find the skills to write short stories A class VII student at SMP Negeri 1 Tejakula, when taught using media pupuh ginada (sekar alit). The sample was all class VII A in SMP Negeri 1 Tejakula Academic Year 2012/2013. The number of students sampled was 38 and an Indonesian teacher in class VII A. Data collection in the study used media observation, questionnaires, and tests. The data obtained from the observations were analyzed with descriptive qualitative techniques, while the data obtained from the questionnaires and tests using quantitative descriptive technique. The results of this study were (1) Application of media pupuh ginada (sekar alit) can improve students' ability to write short stories. (2) The title of the short story by the example of the teacher allows students to make the title short story. (3) Providing guidance and recognition by teachers can encourage students to be better. (4) The response of the students affect the behavior of students in participating in learning to write short stories using media stanzas ginada (sekar alit).
PERFORMANSI GURU DALAM PEMANFAATAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BLAHBATUH Dwi Handayani
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.577

Abstract

PERFORMANSI GURU DALAM PEMANFAATAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BLAHBATUH oleh   Ni Gusti Made Dwi Handayani 0712011003 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha   ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) variasi-variasi yang dimunculkan guru bahasa Indonesia ketika mengajar, (2) performansi guru dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, (4) usaha guru mengatasi masalah yang dihadapi dalam mengadakan variasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 1 Blahbatuh. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisis dengan langkah sebagai berikut: reduksi, penyajian, dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performansi guru dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi ketika mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Blahbatuh bervariasi yakni (1) variasi gaya mengajar yang meliputi variasi suara, pemusatan perhatian, kontak pandang, perubahan posisi, kesenyapan, gerak dan mimik, (2) variasi penggunaan media dan bahan ajar yang meliputi variasi visual (papan tulis, power point, buku teks), audio (rekaman, suara langsung yang digunakan guru serta suara siswa), dan taktil, (3) variasi pola interaksi dan kegiatan siswa yang meliputi pola interaksi satu arah, dua arah, dan multi arah. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengadakan variasi yakni (1) perhatian siswa yang menurun, (2) kurangnya partisipasi siswa, (3) kurangnya waktu untuk menambah materi pelajaran, (4) kesulitan mendapatkan media. Usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam pemanfaatan keterampilan mengadakan variasi yakni (1) memvariasikan gaya mengajar, (2) mengadakan diskusi kelompok dan memberikan penguatan berupa hadiah, (3) menyuruh siswa mencari materi terkait melalui internet, toko buku ataupun mengunjungi perpustakaan, (4) saling tukar atau meminta media pembelajaran dengan guru sejawat dari sekolah yang sama atau dari sekolah lain. Kata kunci: performansi, keterampilan, variasi, pembelajaran, bahasa Indonesia
ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS X.D SMA N 1 TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI. Sri Dwipayani
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.578

Abstract

ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA KELAS X.D SMA N 1 TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI. Oleh Anak Agung Sri Dwipayani, NIM 0812011035 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ABSTRAK     Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan (1) kualitas butir soal ulangan akhir semester ganjil bidang studi Bahasa Indonesia kelas X.d SMA N 1 Bangli berdasarkan uji validitas isi, tingkat kesukaran, analisis daya beda, dan efektivitas opsion, (2) kualitas perangkat soal ulangan akhir semester ganjil bidang studi Bahasa Indonesia kelas X.d SMA N 1 Bangli ditinjau dari analisis reliabilitas, (3) tingkat ketercapaian siswa dalam menjawab benar dan salah tes/soal ulangan akhir semester ganjil bidang studi bahasa Indonesia kelas X.d di SMA N 1 Bangli. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat evaluatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.d SMA N 1 Bangli, sebanyak 34 orang. Objek penelitian ini adalah soal ulangan akhir semester. Metode yang digunakan dalam  pengumpulan data adalah metode tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas isi, uji tingkat kesukaran, uji daya beda, dan uji efektivitas opsion, uji reliabilitas, uji tingkat ketercapaian siswa dalam menjawab benar dan salah tes/soal ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi soal tidak valid atau tergolong rendah. hasil tingkat kesukaran butir soal yang termasuk dalam kriteria soal mudah 24%, soal sedang 56%, dan soal sulit 20%. Butir soal yang termasuk dalam kriteria daya pembeda jelek 40%, daya pembeda cukup 32%, daya pembeda baik 20%, dan daya pembeda sangat baik 8%. Analisis efektivitas opsi kunci butir soal yang berfungsi secara efektif 72%, sedangkan opsi kunci butir soal yang tidak berfungsi efektif 28%, untuk opsi pengecoh butir soal yang berfungsi efektif 76%, sedangkan opsi pengecoh butir soal yang tidak berfungsi efektif 24%. Hasil uji reliabilitas siswa pada saat mengikuti tes I  berbeda secara signifikan dengan hasil tes II. Rata-rata persentase tingkat ketercapaian siswa yang menjawab benar pada soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X.d SMA N 1 Bangli sebesar 52% sedangkan rata-rata perentase tingkat ketercapaian siswa yang menjawab salah sebesar 48%. Sebaiknya dalam membuat soal, guru harus memperhatikan silabus dan buku pedoman agar kualitas soal valid dan ajeg.     Kata kunci: analisis validitas dan reliabilitas, soal ulangan, bahasa Indonesia.  
PENERAPAN TEKNIK DEBAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 2 BANJAR Indah Permata Sari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.579

Abstract

PENERAPAN TEKNIK DEBAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 2 BANJAR oleh Siluh Putu Ayu Indah Permata Sari NIM 0912011040 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan teknik debat dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi (2) mendeskripsikan penerapan teknik debat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf argumentasi, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan teknik debat dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.1 SMA N 2 Banjar dengan objek penelitiannya adalah keterampilan menulis argumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode kuesioner atau angket. Data yang terkumpul diolah menggunakan teknik alanalisis data deskriptif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu 69,65 pada siklus I menjadi 79,19 pada siklus II. Ini berarti terjadi peningkatan yang signifikan nilai rata-rata kelas sebesar 9,54. Respon siswa terhadap proses pembelajaran sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa, (1) penerapan teknik debat dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi, (2) langkah-langkah pembelajaran teknik debat yang paling efektif adalah guru memaparkan materi mengenai argumentasi dan teknik debat yang akan dilaksanakan, kemudian menunjuk perwakilan siswa untuk berdebat sesuai dengan topik yang sudah disepakati, siswa yang lain menjadi penonton namun tetap dibagi menjadi kelompok pro dan kontra. Setelah debat selasai siswa kemudian melanjutkan menulis paragraf argumentasi sesuai dengan topik yang sudah diperdebatkan, (3) Respon siswa terhadap proses pembelajaran yang sudah diterapkan sangat positif.   Kata kunci:teknik debat, menulis paragraf argumentasi
PENERAPAN TEKNIK KOREKSI SESAMA TEMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA Gusti Ayu Mariyati
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.580

Abstract

PENERAPAN TEKNIK KOREKSI SESAMA TEMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA oleh   I Gusti Ayu Mariyati, NIM 0912011016 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia     ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis argumentasi dengan penerapan teknik koreksi sesama teman (2) mendeskripsikan langkah-langkah yang ditempuh dalam menerapkan teknik koreksi sesama teman dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan teknik koreksi sesama teman. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan dan siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Singaraja  yang berjumlah 32 orang dan bbjek penelitian ini adalah keterampilan menulis argumentasi siswa, langkah-langkah pembelajaran, dan respons siswa kelas X1 SMA N 2 Singaraja terhadap penerapan teknik koreksi sesama teman. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) tercapainya ketuntasan hasil belajar menulis argumentasi siswa berkat diterapkannya teknik koreksi sesama teman, yakni pada pra tindakan skor rata-rata klasikal 70, siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 73, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 77, (2) terdapat beberapa langkah penerapan teknik koreksi sesama teman untuk meningkatkan kemampuan menulis argumentasi. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran  menulis argumentasi, yakni siswa saling menukarkan tulisan yang tulisan yang telah dibuat dan siswa saling mengoreksi tulisan tersebut dari segi kebahasaan dan pengungkapan argumen dan (3) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan teknik koreksi sesama teman dalam pembelajaran menulis argumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik koreksi sesama teman dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa dan dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Peneliti lain disarankan untuk menerapkan teknik koreksi sesama teman pada mata pelajaran bahasa yang lain.   Kata kunci: teknik koreksi sesama teman, menulis, argumentasi
PENERAPAN TEKNIK PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUNTING KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS XD SMA NEGERI 1 SELEMADEG Wina Noviantari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 1 No. 5 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v1i5.581

Abstract

PENERAPAN TEKNIK PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUNTING KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS XD SMA NEGERI 1 SELEMADEG oleh   Ni Wayan Wina Noviantari, NIM 0912011047 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia       ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan teknik pemodelan, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa menyunting karangan argumentasi dengan penerapan teknik pemodelan, (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan teknik pemodelan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XD SMA Negeri 1 Selemadeg yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah, peningkatan hasil, dan respons siswa terhadap penerapan teknik pemodelan dalam pembelajaran menyunting karangan argumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat beberapa langkah penerapan teknik pemodelan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyunting karangan argumentasi. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran menyunting karangan argumentasi dibantu dengan model (contoh) cara menyunting yang membuat siswa melakukan kegiatan menyunting dengan lebih baik, (2) tercapainya peningkatan kemampuan siswa menyunting karangan argumentasi berkat diterapkannya teknik pemodelan, dan (3) siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penerapan teknik pemodelan dalam pembelajaran menyunting karangan argumentasi.         Kata kunci: teknik pemodelan, menyunting, karangan argumentasi

Page 1 of 2 | Total Record : 15